Minggu, 30 Oktober 2016

Catatan Perjalanan Desa Wisata Pentingsari : Pusat Wisata Alam Penuh Tantangan


Desa Wisata Pentingsari terletak di Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi D.I. Yogyakarta. Wilayah seperti semenanjung itu dikukuhkan menjadi desa wisata pada tanggal 15 Mei 2008. Desa tersebut terdiri dari dua dusun yaitu Dusun Bonorejo dan Dusun Pentingsari.

Wisata alam menjadi objek wisata utama di Desa Wisata Pentingsari.Selain sebagai wisata alam, banyak di antara objek-objek wisata itu mengandung mitos atau legenda sehingga menarik perhatian banyak calon wisatawan untuk mengunjunginya.

Seperti misalnya Pancuran Suci Sendangsari. Konon katanya, pancuran ini adalah tempat Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan bertemu. Air di pancuran suci ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Orang yang membasuh mukanya dengan air tersebut dipercaya dapat awet muda.

Suasana mistis memang kerap menyelubungi pancuran tersebut. Meski demikian, keindahan lembah sungai kuning yang ada di objek wisata tersebut membuat orang sedikit melupakan aura mistis Pancuran Suci Sendangsari.

Objek wisata berikutnya adalah Luweng. Petilasan Pangeran Diponegoro sewaktu perang melawan Belanda ini berjasa sebagai alat masak warga Pentingsari dan tempat persembunyian para pengikutnya.

Yang masih ada hubungannya dengan Luweng adalah Batu Dakon dan Batu Persembahan. Batu Dakon tersebut dinilai mempunyai nilai mistis sebagai tempat mengatur strategi perang dan tempat meramal nasib.

Sementara itu, Batu Persembahan dijadikan tempat menaruh persembahan untuk ular besar yang konon adalah anak Baruklinthing. Sebuah gua bernama Ponteng juga dipercaya sebagai tempat singgah ular besar tersebut.Baca juga desa wisata krebet : http://www.toconfp.org/2016/12/catatan-perjalanan-desa-wisata-krebet.html

Kemudian, ada rumah adat Joglo di poros Desa Pentingsari. Rumah adat ini dapat dijadikan sebagai ruang serbaguna yaitu sebagai tempat pentas seni dan budaya, tempat diklat, dan tempat pertemuan warga.

Keadaan alam Desa Wisata Pentingsari sangat memungkinkan untuk dijelajahi. Sebuah jalur trekking yang diapit Sungai Pawon dan Sungai Kuning bisa dinikmati oleh semua kalangan. Jalur trekking itu menyusuri sungai-sungai, persawahan, tebing, terowongan, dan hutan.Baca juga desa wisata kebon agung : http://www.toconfp.org/2016/10/catatan-perjalanan-desa-wisata-kebon.html


Desa Wisata Pentingsari telah menorehkan beberapa penghargaan, antara lain sebagai desa wisata nomor satu di Indonesia dan dari Organisasi Pariwisata Dunia milik PBB. Selain wisata desa, warga Desa Pentingsari juga memiliki beberapa motto yang memajukan pariwisata mereka. Kerukunan antarwarga, sikap gotong-royong, dan anggapan bahwa semakin banyak tamu semakin banyak rezeki membantu mengukuhkan pariwisata Desa Pentingsari sebagai salah satu yang terbaik.
This entry was posted in

0 komentar:

Poskan Komentar