Jumat, 28 Oktober 2016

Catatan Perjalanan ke Curug Benowo : Pilihan Wisata Air Terjun Super Alami


Air terjun telah menjadi satu objek wisata yang lazim dipilih oleh pencinta alam dan penikmat wisata alam.Inilah yang membuat beberapa wilayah sekitar objek wisata air terjun telah menjelma menjaditempat yang cukup ramai. Kampung-kampung berkembang dan penduduk berdatangan untuk menetap di sekitar air terjun.

Hal tersebut bisa dipandang sebagai sesuatu yang positif maupun negatif. Positifnya, air terjun berhasil menyumbangkan pendapatan terhadap warga sekitarnya. Akan tetapi, wisatawan yang ingin merasakan suasana alam liar mungkin sedikit kecewa. Maka dari itu, para petualang selalu mencari tahu lokasi wisata alam baru yang belum atau jarang dijamah manusia untuk mencari tantangan baru.

Salah satu objek wisata air terjun yang memenuhi kriteria tersebut adalah Curug Benowo di lereng Gunung Ungaran. Secara administratif, air terjun ini terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Lokasi curug/air terjun ini benar-benar sulit dicapai karena jalan setapaknya naik turun.

Menilik dari rutenya yang cukup sulit, Curug Benowo tidak disarankan dikunjungi oleh keluarga terutama yang mempunyai anak kecil. Sebaliknya, para pencinta alam sangat disarankan mengunjungi curug yang masih “baru” ini.

Sebelum mencapai curug, pengunjung harus melewati sungai irigasi buatan. Sungai ini berbatasan dengan jurang jadi harus ekstra hati-hati saat melewatinya.Jembatan besi menghubungkan antara bukit satu dan bukit lainnya. Jembatan besi setelah sungai irigasi itu juga berfungsi sebagai jembatan air irigasi di bawahnya. Jembatan ini sering digunakan sebagai tempat mengambil foto. baca juga http://www.toconfp.org/2016/10/panduan-wisata-semarang-ke-pagoda.html

Setelah jembatan, akan ada percabangan jalan menuju dua tempat berbeda yaitu ke Curug Benowo atau ke Curug Lawe.Sekitar satu jam berjalan kaki, pengunjung akan sampai ke Curug Benowo.


Karena masih tergolong jarang dijamah, fasilitas umum di Curug Benowo sangatlah minim. Toilet umum hanya ada satu buah. Sementara itu, belum ada warung makan sehingga sebaiknya pengunjung membawa bekal pribadi. Jika membutuhkan penginapan, wisatawan dapat mencarinya di Kota Ungaran yang berjarak sekitar tujuh kilometer. Waktu tempuh dari Curug Benowo ke Kota Ungaran adalah 22 menit melalui Jalan Kaligarang.
This entry was posted in

0 komentar:

Poskan Komentar