Jumat, 28 Oktober 2016

Catatan Perjalanan ke Kali Pancur : Melihat Air Terjun dari Tebing Andesit


Air terjun Kali Pancur terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.Untuk menuju lokasi, tidak ada sarana transportasi umum, sehingga para wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi.

Di lokasi wisata yang terletak sekitar 14 kilometer arah barat Kota Salatiga ini, pengunjung bisa melihat-lihat keindahan bukit batu andesit lereng Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu.Namun, sebelum melihat keindahan alam nan hijau itu, wisatawan harus melewati jalan-jalan yang cukup terjal. Maka dari itu, wisatawan diharapkan menyiapkan fisik dan mental agar dalam keadaan prima saat berada di lokasi.

Air terjun yang akan kami bahas kali ini berketinggian sekitar 100 meter. Aliran air itu keluar di punggung Gunung Telomoyo. Airnya mengalir ke arah Rawa Pening. Di sepanjang punggung gunung tersebut, banyak tebing batu-batu andesit dengan ketinggian bervariasi. Tebing batu andesit terendah sekitar 20 meter sedangkan tertinggi 100 meter.

Tebing batu andesit yang ada di Gunung Telomoyo tersebut menjadi berkah tersendiri bagi pendaki gunung. Para pencinta alam ini dapat melakukan panjat tebing dengan kemiringan ekstrem, hampir 90 derajat, di tebing batu andesit tersebut.

Di sekitar air terjun, juga terdapat flora-flora berupa tumbuhan perintis. Lalu, ada sebuah gua kecil di dekat air terjun.Terdapat banyak sarang burung walet yang memutuskan untuk berteduh dan tinggal di dalam gua.baca juga http://www.toconfp.org/2016/10/panduan-wisata-semarang-ke-pagoda.html

Hal paling unik dari air terjun Kali Pancur mungkin adalah bentuk aliran air terjun yang seperti keluar dair pancuran air.Pengunjung bisa mendapati aliran air yang “ramping”.Keindahan alam ini sering diabadikan oleh pengunjung dengan cara memposisikan diri sedemikian rupa sehingga sang wisatawan terlihat seperti sedang menuangkan air dari botol.

Meskipun memiliki nama sama, Air Terjun Kali Pancur dan Desa Wisata Lembah Kalipancur adalah dua tempat yang berbeda. Keduanya berjarak kira-kira 65 kilometer melalui Jalan Tol Ungaran-Bawen.


Tempat wisata lainnya yang dekat dengan Air Terjun Kali Pancur adalah Rawa Pening (berjarak sekitar 18 kilometer melalui Jalan Muncul Raya) dan Prasasti Ngrawan (masih dalam satu kecamatan).
This entry was posted in

0 komentar:

Poskan Komentar