Jumat, 28 Oktober 2016

Catatan Perjalanan ke Kampung Wisata Taman Lele Semarang


Kampung Taman Lele Semarang terletak di Jalan Walisongo KM 10, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.Lokasi ini adalah objek wisata keluarga komplit yang menghadirkan wisata alam berupa kebun binatang mini, dan danau buatan.

Dengan luas lebih dari dua hektare, terdapat banyak permainan keluarga jenis permainan darat maupun air.Lokasinya di Jalur Pantura membuat tempat ini cocok dijadikan persinggahan keluarga yang berkunjung ke Semarang atau ke tempat lain melalui jalur utara Jawa ini.

Taman Lele mendapatkan namanya dari sejarahnya sebelum dijadikan taman lele. Tempat ini dulunya adalah kebun jambu yang memiliki mata air. Di dalam mata air tersebut, hidup ratusan ikan lele.

Ratusan lele di mata air itu tampaknya biasa saja. Akan tetapi, orang dengan ilmu spiritual tinggi bisa mengetahui bahwa ada lele siluman di antara ratusan ekor lele tersebut. Menurut mereka, lele siluman berwujud sama seperti lele pada umumnya hanya bagian kepala, selebihnya hanya terdiri dari duri.

Air di kolam tersebut berasal dari mata air di kaki bukit.Mata air tersebut dipercaya dihuni siluman bernama Sarinah. Oleh mereka, mata air itu disebut Nyi Tuk Sari.

Masyarakat sekitar tamanselalu datang membawa sesaji ke tempat itu jika akan mengadakan hajatan mantu agar acaranya berhasil.Pada malam Jumat Kliwon, banyak orang mencari berkah di situ.baca juga http://www.toconfp.org/2016/10/panduan-wisata-semarang-ke-pagoda.html

Wisatawan yang mengunjungi Taman Lele akan disambut dengan sebuah gapura bertuliskan “Kampoeng Wisata”. Pohon-pohon rindang membuat udara sekitar kampung lele sejuk segar.

Wisatawan bisa mengunjungi kebun binatang mini yang menampilkan satwa khas Indonesia. Beberapa di antaranya adalah merak, burung cenderawasih, ular piton, buaya, kelinci, burung, dan iguana.

Puas melihat-lihat satwa liar, pengunjung terutama anak-anak bisa bermain di arena permainan. Ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dsb. tersedia di sana.

Fasilitas lainnya meliputi kolam renang, gazebo, hotel, dan pertunjukan seni. Hotel dilengkapi dengan TV dan AC, tarif terjangkau. Kegiatan berselancar di dunia maya pun bisa dilakukan dengan lancar karena ada Wi-Fi gratis di gazebo.

Taman Lele buka setiap hari. Harga tiket masuk per 2012 adalah Rp2.000,00 per orang. Namun, harga berbeda jika hari Minggu atau musim liburan.
This entry was posted in

0 komentar:

Poskan Komentar