Jumat, 28 Oktober 2016

Catatan Perjalanan ke Pantai Marina : Pantai Dekat Bandara Ahmad Yani


Pantai Marina adalah bekas hutan bakau dan tambak. Pemerintah Kota Semarang mengubahnya menjadi objek wisata dengan mengadakan reklamasi daratan. Berkat reklamasi di sebelah selatan pantai, wilayah hutan bakau menjadi perumahan, perkantoran, dan pertokoan.

Sama seperti Pantai Maron, lokasi Pantai Marina sangat strategis, bahkan lebih dekat dengan Bandara Ahmad Yani. Pantai ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari bandara karena hanya berjarak beberapa ratus meter. Dari pusat kota, diperlukan waktu hingga 30 menit berkendara.

Taman rekreasi pantai ini berjarak sekitar empat kilometer dari Tugu Muda dan letaknya bersebelahan dengan Puri Mareokoco, kompleks Pekan Raya Promosi dan Pembangunan (PRPP), dan Perumahan Puri Anjasmoro Semarang.

Wisatawan disambut dengan patung elang besar di bundaran ketika sampai di depan Pantai Marina.Pintu masuk berhiaskan patung elang itu memang dijadikan penanda.

Melihat ke sebelah utara pantai, pembatas pantai dibuat sedemikian rupa sehingga nyaman digunakan untuk duduk santai. Pembatas pantai ini juga difungsikan sebagai pemecah ombak (breakwater). Fungsi pemecah ombak adalah mengendalikan abrasi yang menggerus garis pantai dan menenangkan gelombang di pelabuhan agar kapal dapat merapat dengan lebih mudah dan cepat.baca juga http://www.toconfp.org/2016/10/panduan-wisata-semarang-ke-pagoda.html

Tidak seperti kebanyakan tempat wisata, Pantai Marina dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam (24/7). Maka dari itu, pantai ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas rekreasi yang berbeda. Masyarakat yang datang pagi hari biasanya berolah raga. Lalu, pencari senja datang sore hari. Sementara mereka yang datang malam hari biasanya berwisata kuliner.

Sementara itu, aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah menaiki perahu untuk berkeliling kawasan pantai. Wisatawan juga dapat menyewa mobil balap mainan atau ban untuk berenang. Pantai yang landai dan tidak berombak besar membuatnya nyaman digunakan untuk berenang.Petugas pantai siap mengamankan pengunjung. Ada pula pencinta kegiatan memancing yang berusaha menangkap ikan di sekitar pantai.


Spot menarik di Pantai Marina lainnya adalah kebun buah naga di pinggir pantai. Spot foto menarik bisa didapat di jembatan kayu yang menjorok ke pantai. Banyak orang menjadikan lokasi ini tempat berfoto dengan latar belakang Pantai Marina. Walaupun mungkin pesisir Pantai Marina tidak seluas pesisir pantai lainnya, lokasi pantai yang sangat strategis membuat pantai ini sering dikunjungi warga Semarang untuk rekreasi.
This entry was posted in

0 komentar:

Poskan Komentar