Jumat, 28 Oktober 2016

Catatan Perjalanan ke Pantai Tirang : Destinasi Wisata Pilihan Mancing Mania


Pantai Tirang di Desa Tambakrejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, sudah lama ditandai oleh mancing mania sebagai tempat strategis untuk hobi mereka.Para pengunjung akan ditarik retribusi Rp2.000,0 untuk dapat memancing sepuasnya di pantai ini.
Ada banyak jenis ikan di Pantai Tirang. Mancing mania sering mendapatkan ikan kakap putih (barramundi), ikan kerapu, ikan dokan/kedokan. Ikan terakhir ini adalah ikan favorit warga Semarang.

Daerah memancing itu adalah bekas tambak yang jebol. Pepohonan di sekitar tambak sekarang menjadi habitat ikan kakap putih. Ikan penuh gizi ini memang menjadikan bekas tambak tersebut sebagai habitat baru.

Sebenarnya, selain bekas tambak jebol itu, masih ada satu lagi bekas tambak di Pantai Tirang ini. Dulunya merupakan tambak bandeng, wilayah itu lalu dibiarkan begitu saja karena sudah tercemar limbah buangan warga. Tambak bandeng di spot tersebut pun ditutup. Padahal, jika manajemen lingkungan lebih baik, tambang itu bisa menjadi spot wisata dan spot pemasukan penghasilan yang lumayan.baca juga http://www.toconfp.org/2016/10/panduan-wisata-semarang-ke-pagoda.html

Sedangkan ikan kedokan dan ikan sembilang bisa dipancing di sisi lain dari Pantai Tirang. Kedua spesies itu sering ditemukan di muara Sungai Silandak. Muara tersebut sebenarnya adalah perbatasan antara Pantai Maron dengan Pantai Tirang.

Hutan bakau di sekitar Pantai Tirang adalah spot wisata yang menarik. Di sekitar hutan bakau, kadang-kadang melintas burung blekok atau burung kuntul. Menyusuri bawah air, akan ditemukan banyak terumbu karang dan rumput laut yang membuat pantai semain indah.

Potensi sumber daya alam Pantai Tirang tidak berhenti di situ saja. Asir pantai yang berwarna kehitaman ternyata mengandung pasir besi. Jika dimanfaatkan secara maksimal, pasir besi dapat menjadi bahan baku industri semen dan industri logam besi. baca juga http://www.toconfp.org/2016/10/catatan-perjalanan-ke-pagoda-buddhagaya.html

Akan tetapi, nelayan telah memanfaatkan rumput laut dengan cukup baik. Budidaya rumput laut Pantai Tirang bisa menjadi wisata edukasi tersendiri bagi para pengunjung.


Akses menuju pantai seluas 240 hektare ini bisa dicapai dari Perumahan Graha Padma. Disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki untuk mencapai Pantai Tirang. Perjalanan akan sedikit menantang saat melewati tambak-tambak ikan. Medan jalan yang sulit ditambah jalanan yang terbilang sepi memang dikhawatirkan mengancam keselamatan. Oleh karena itu, sebaiknya, pengunjung datang beramai-ramai.
This entry was posted in

0 komentar:

Poskan Komentar